Hey, you can move that thing through your mind! Telekinesis, what’s this?

Posted on October 21, 2010

0


Hey I’m back😀 Now, I’m writing about sains (again). The previous post, I gave you how to increase your brainpower, now I plan to tell you about Telekinesis. What’s this? Just check this out. I wrote in Indonesian, I hope you can enjoy it😉

Oke, dimulai dari istilah ‘Telekinesis’. Apa itu Telekinesis?😉

Telekinesis adalah istilah untuk menunjuk kemampuan manusia yang mampu menggerakan benda di sekitarnya tanpa harus menyentuhnya, melainkan hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran😉. Secara ilmiah, telekinesis belum dapat dibuktikan dan masih terus diperdebatkan keberadaaanya🙂.

Sebenarnya kemampuan kinesis bukan hanya telekinesis saja😀. Selain telekinesis kemampuan kinesis lainnya:
1. Pyrokinesis: kemampuan mengendalikan api.
2. Hydrokinesis : kemampuan mengendalikan air (membuat panas atau dingin air)
3. Healing : kemampuan penyembuh.
4. Levitation: kemapuan melayang di udara.
5. Telepathy: kemapuan membaca pikiran dan komunikasi batin.
6. Dowsing: kemampuan mencari air di dalam tanah dengan pendulum atau tongkat.
7. Chronokinesis: kemampuan memanipulasi waktu, bukan dalam artian pergi ke masa lalu ataupun ke masa depan melainkan mempengaruhi waktu disekitar kita sehingga dapat berjalan lebih cepat ataupun lambat.

Telekinesis ini  sudah menjadi perdebatan selama lebih dari 5 dekade sejak sebelum Perang Dunia II. Bahkan ada rumor bahwa pasca Perang Dunia II, CIA melatih orang-orang berkemampuan kinesis untuk kepentingan perang dingin. Dalam perdebatan telekinesis terdapat dua kubu: pro dan kontra. Beberapa peneliti menyatakan bahwa pada saat ini manusia normal hanya menggunakan sekitar 10% dari potensi otaknya, pengembangan potensi otak lebih lanjut sangat memungkinkan kita untuk menguasai kemampuan telekinesis. Setau saya, menurut fisika kuantum, semua hal yang terdapat di semesta ini adalah energi🙂. (CMIIW :D)

Manusia sebenarnya medan energi, begitu pula dengan benda-benda disekitarnya. Oleh karena itu sangat mungkin bahwa satu medan energi dapat mempengaruhi medan energi yang lain. Kekuatan pikiran dipercaya menciptakan medan energi yang memungkinkan menyebabkan benda di sekitarnya bergerak, hal ini sering juga dikenal sebagai poltergeist.

Sementara itu peneliti lainnya menyatakan bahwa telekinesis hanyalah mitos belaka, meskipun mereka tidak dapat menjelaskan fenomena yang terjadi pada Nina Kulagina, orang Rusia yang dikenal memiliki kemampuan telekinesis yang luar biasa. Dari hasil penelitian terhadapnya diketahui bahwa saat melalukan telekinesis terjadi peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang signifikan, setelah melalukan telekinesis bobot tubuh juga berkurang antara 1-8 kilogram. Hal ini karena seluruh energi dipusatkan ke otak sehingga pada kenyataannya telekinesis sangat menyita energi dalam tubuh. Penelitian ini mengungkap bahwa jikalau manusia mampu melakukan telekinesis sebenarnya otak manusia belum berevolusi secara sempurna untuk mencapai tahapan tersebut, oleh karena itulah organ seperti tangan dan kaki berkembang secara sempurna agar kita dapat menggerakan dan memegang benda-benda di sekitar kita.

Beberapa orang berpendapat bahwa telekinesis adalah kemapuan alami, oleh karena itu sangat mungkin untuk dipelajari dengan latihan konsentrasi pikiran. Seandainya pun kita bisa menguasai telekinesis, akan dibutuhkan waktu yang lama untuk dapat menggunakannya dan akan mengkonsumsi banyak energi dalam tubuh, dengan kata lain kurang praktis untuk diaplikasikan. Belajar keahlian seperti pengoperasian software komputer, saat ini dinilai lebih logis dan bermanfaat untuk bertahan hidup daripada memecahkan gelas dan membengkokan sendok dengan kekuatan pikiran.

Maaf, saya lupa sumber artikel ini. Tapi salah satunya yang saya ingat ada dari wikipedia. Thankas for reading🙂

Posted in: Education