WordPress Blogger, Comparison

Posted on February 14, 2011

1


Hell-o sobat blogger,

kali ini saya bawa artikel mengenai dua layanan blogging yang paling banyak digunain sama temen-temen blogger sekalian😀.

Siapa yang ga kenal WordPress dan Blogger, buat temen-temen yang hobi cari artikel-artikel bagus, atau cari materi tambahan dari internet, pasti dua hal yang barusan saya sebutin itu ga akan asing lagi bagi kalian. Yah, wordpress dan blogger adalah layanan blogging gratis, tempat semua orang yang hobi banget nulis dan nuangin ide-ide cemerlangnya buat dibagiin (share) untuk khalayak ramai.

Nah kali ini, saya mau sharing sama kalian mengenai perbandingan wordpress dan blogger menurut saya, dulunya saya pengguna blogger (.blogspot), tapi karena sesuatu dan lain hal makanya saya pindah ke wordpress😀 hehehe. Oke, let’s just cekidot

WordPress VS Blogger :
1. WordPress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger. Blogger sebaliknya tidak bisa mengimport postingan yang ada pada WordPress.

2. WordPress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Kalian bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly.

3. Blogger menyediakan menu Drag Drop Elemen yang mudah untuk di gunakan. Sedangkan WordPress sulit Drag Drop ketika editing element halaman.

4. Seorang Blogger bisa Editing HTML code blognya dengan Mudah. Sedangkan WordPress tidak bisa diedit.

5. Apabila Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri, software WordPress telah tersedia dan siap di install di Fantastico cPanel Anda. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain Anda dan hosting anda untuk diarahkan pada Blogger.

6. WordPress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.

7. WordPress Lebih Unggul dalam hal design. Hal ini dikarenakan Temanya (themes) Sangat banyak.

8. WordPress Kalah telak dengan Blogger dalam Kebebasan mengedit content. Karena lebih powerfull dalam Content Editing & Fitur HTML editornya.

9. Blogger lebih diarahkan ke : Content, Easy Edit, Private Content dan Feature. Sedangkan WordPress Di arahkan ke : Design, Posting, Public Content dan Performance

10.Bisa dibuat adsense. Mayoritas peraup uang dari Adsense yang menggunakan blog gratis, biasanya memakai blogger. Mungkin karena blogger dan adsense adalah sama-sama milik Google. Jadi lebih mudah untuk disetujui adsense-nya. WordPress pun sebetulnya bisa. namun Harus Memakai plugin, yang biasanya berbayar.

Dan bagusnya dari kedua layanan ini:

Ada statistik. Di wordpress tersedia plug in yang bisa menampilkan statistik, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Di blogger, Tanpa mengutak-atik apapun, Statistik sudah tersedia. Di tab “Statistik”.
Di kedua Blog platform ini, Ada juga informasi tentang jumlah pengakses setiap halaman beserta kata kuncinya. Semua informasi ini penting untuk memantau perkembangan blog anda. Sehingga anda pun bisa mengambil tindakan tepat untuk perkembangan blog anda.

Cukup sekian, semoga bisa membantu temen-temen yang baru mulai nulis buat nentuin layanan blog yang paling sesuai untuk kalian🙂

Thanks reader for reading, keep explore on my blog😉

Posted in: Education, News